Toyota mobil paling murah di Indonesia

Pada bulan Maret tahun ini, terdapat peningkatan yang signifikan dari penjualan kendaraan beroda empat nasional. Peningkatan ini bahkan ditunjang dengan larisnya penjualan kendaraan beroda empat murah ramah lingkungan atau LCGC (Low Cost Green Car).

Data stastistik Gabungan Industri Empat Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan penjualan whoesales (pabrik ke dealer) pada Maret 2015 telah mencapai 99.406 unit. Dari data statistik ini, kendaraan beroda empat LCGC menyumbang penjualan sebanyak 15.501 unit.

Dari hasil penjualan kendaraan beroda empat LCGC pada Maret 2015, terdapat peningkatan penjualan kendaraan beroda empat LCGC dari pada penjualan di Februari dan Januari. Penjualan kendaraan beroda empat LCGC pada Februari 2015 cuma kapabel terjual sebanyak 11.923 unit, meski pada Januari penjualannya mencapai 14.125 unit.

Menurut keseluruhan data penjualan kendaraan beroda empat nasional ini, Toyota Agya menempati urutan pertama sebagai kendaraan beroda empat murah ramah lingkungan. Sempurna penjualan kendaraan beroda empat nasional Agya mencapai 5.238 unit dan di bulan sebelumnya cuma terjual 4.508 unit.

Walaupun telah merajai pangsa pasar untuk kendaraan beroda empat murah, Toyota tak berhenti untuk meningkatkan penjualan kendaraan beroda empat nasionalnya. Bahkan, sekarang Toyota juga telah memaksimalkan jangkauan pemasarannya sampai ke pasar internasional. Tak heran bila beraneka upaya dilaksanakan untuk menerima peningkatan yang signifikan. Toyota bahkan memberikan dukungan kuat untuk para konsumen yang tergabung dalam kelompok sosial kendaraan beroda empat di seluruh Tanah Air.

Toyota sekarang mengeluarkan beraneka kendaraan beroda empat generasi terbaru seperti All New Yaris TRD, All New Alphard and Vellfire sampai New Fortuner. Empat-kendaraan beroda empat generasi terbaru ini bahkan telah dilengkapi dengan beraneka fitur favorit untuk mendukung aktifitas mengemudi konsumen. Di samping itu, mutu mesin terus ditingkatkan untuk memberikan daya kerja yang optimal. Toyota juga memaksimalkan beraneka teknologi Global Toyota sebagai cara meningkatkan mutu kendaraan beroda empat produksi dan menjadikan kendaraan beroda empat ramah lingkungan.

Menurut data Gaikindo, pada 2012 untuk pertama kalinya pasar otomotif nasional berhasil menembus angka 1 juta merupakan mencapai 1,116 juta unit kemudian naik menjadi 1,229 juta unit pada 2013 dan 1,208 juta unit pada 2014.

Dinamika perekonomian global seperti penurunan beraneka harga komoditas termasuk minyak bumi serta fluktuasi di pasar finansial berdampak kurang menguntungkan terhadap Indonesia, sehingga pertumbuhan perekonomian nasional terganggu. Situasi ini mempengaruhi hampir seluruh sektor industri, tak terkecuali otomotif.

Namun demikian, kepercayaan beberapa besar masyarakat yang masih cukup kuat, berhasil menahan penurunan pasar otomotif tak terlalu dalam. Ini nampak dari data penjualan otomotif nasional yang sempat menyentuh angka terendah pada Juli ke tingkatan 55 ribu dan secara meyakinkan kembali naik sampai 73 ribu pada Desember lalu.

Dari data pasar ritel penjualan TAM di segmen kendaraan penumpang mencapai 310.314 unit, sehingga menempatkan pangsa pasar Toyota di posisi 41,2% dari sempurna penjualan segmen kendaraan penumpang secara nasional.

Sementara ritel penjualan Agung Toyota pada bulan Desember 2015 lalu menunjukan tren positif terutama secara sempurna penjualan 5 provinsi kawasan Agung Toyota seperti Riau, Jambi, Bengkulu, Bali dan Kepri berhasil mencapai 3039 unit.

Dimas Evozi

NgixhkjwlfigtfhrguoSkjshsjksjsbsdskuwysjhwjdee
No comment yet

Leave a Reply

Login first here